Pages

Friday, October 10, 2014

Cletukan Mendiang Nenek

Tiba-tiba saya teringat cletukan mendiang almarhum nenek saya :
yo... Gusti.... kenek eri koyok ngene loro ne wes ora ketulungan, mendahe mlebu neroko.
bagi yang tidak tahu bahasa jawa saya translate ke bahasa indonesia :
ya... Allah.... Terkena duri seperti begini sakitnya sudah tidak tahan, bagaimana kalau masuk neraka.
Tidak tahu kenapa saya sering teringat cletukan tersebut bahkan sangat jelas tergambar dari mulai raut muka pada waktu mengatakan celetukan tersebut.
Memang benar ingatan dimasa kecil itu lebih tajam dan kemungkinan akan muncul secara tiba-tiba ketika kita sudah dewasa akan sangat besar, contohnya seperti kasus saya.
Makanya bagi yang punya anak kecil buatlah ingatan yang baik untuk mereka. Karena trauma yang dialami ketika kecil mungkin akan muncul secara tiba-tiba pada waktu dewasa.
Satu hal yang membuat saya penasaran, kenapa saya bisa mengingat peristiwa itu, bahkan sudah terjadi begitu lama ketika saya masih berumur 7 tahun. Apa yang membuat istimewa ingatan tersebut? Trauma? tapi trauma apa? atau alasan lain?

No comments :