Pages

Tuesday, February 28, 2012

Kecerdasan Buatan


Artificial intelegence adalah kecerdasan buatan adalah cabang ilmu komputer yang bertujuan untuk membuat sebuah komputer dapat berpikir dan bernalar seperti manusia . Konsep ini muncul pada tahun 1956 pada sebuah workshop di Dartmouth College, dimana sebuh grup ilmuwan computer bertemu. Tujuan dari kecerdasan buatan ini adalahmembuat komputer semakin berguna bagi manusia. Kecerdasan buatan dapat membantu meringankan beban kerja manusia misalnya dalam membuat keputusan, mencari informasi secara lebih akurat, atau membuat komputer lebih mudah digunakan dengan tampilan yang mudah dipahami. Cara kerja artificial intelegence adalah menerima input, untuk kemudian diproses dan kemudian mengeluarkan output yang berupa suatu keputusan.
Implementasi dari artificial intelegence saat ini umum ditemui dalam bidang-bidang seperti berikut :
1.       Fuzzy Logic : yaitu suatu metode artificial intelegence yang banyak terdapat pada alat-alat elektronik dan robot. Dimana alat-alat elektronik atau robot tersebut mampu berpikir dan bertingkah laku sebagaimana layaknya manusia.
2.       Computer Vision : yaitu sustu metode artificial intelegence yang memungkinkan sebuah sistem komputer mengenali gambar sebagai inputnya. Contohnya adalah mengenali dan membaca tulisan yang ada dalam gambar.
3.       Artificial intelegence pada game : yaitu suatu metode artificial intelegence yang berguna untuk meniru cara berpikir seorang manusia dalam bermain game. Contohnya adalah program Deep Blue yag mampu berpikir setara dengan seorang Grandmaster catur.
4.       Speech Recognition : yaitu suatu metode artificial intelegence yang berguna untuk mengenali suara menusia dengan cara dicocokkan dengan acuan atau pattern yang

telah diprogramkan sebelumnya. Contohnya adalah suara dari user dapat diterjemahkan menjadi sebuah perintah bagi komputer.
5.       Expert System : yaitu suatu metode artificial intelegence yang berguna untuk meniru cara berpikir seorang ahli dalam mengambil keputusan berdasarkan situasi yang ada. Sehingga seorang user tersebut berkonsultasi kepada seorang ahli. Contohnya adalah program aplikasi yang mampu meniru seorang ahli medis dalam mendeteksi kanker berdasarkan keluhan-keluhan pasiennya.

No comments :