Pages

Wednesday, October 17, 2007

Pascal

Pascal dari Wirth

Bahasa Pascal pertama kali didesain pada tahun 1971 oleh Niklaus Wirth, seorang profesor dari Polytechnic of Zurich, Switzerland. Bahasa Pascal didesain sebagai penyederhanaan bahasa Algol untuk keperluan pendidikan, sejak tahun 1960.

Ketika Pascal didesain, telah ada sekian banyak bahasa pemrograman, namun hanya sedikit yang digunakan secara luas: FORTRAN, C, Assembler, COBOL. Ide kunci dari bahasa baru ini adalah urutan, yang diatur melalui konsep tipe data yang sangat kuat, dan memerlukan deklarasi dan kontrol program yang terstruktur. Bahasa ini juga didesain untuk menjadi alat bantu pengajaran bagi siswa kelas pemrograman.

Turbo Pascal

Kompiler Pascal dari Borland yang begitu terkenal diseluruh dunia, dikenal dengan nama Turbo Pascal, diperkenalkan pada tahun 1983, mengimplementasikan "Pascal User Manual and Report" oleh Jensen dan Wirth. Kompiler Turbo Pascal telah menjadi salah satu dari kompiler terlaris sepanjang masa, dan membuat bahasa ini sangat populer pada platform PC, dikarenakan keseimbangan antara kemudahan penggunaan dan kemampuan/kekuatan.

Turbo Pascal memperkenalkan suatu Integrated Development Environment (IDE) dimana Anda dapat mengedit code (dalam sebuah editor yang kompatibel dengan WordStar), menjalankan kompiler, melihat kesalahan yang ada, dan melompat kembali ke baris yang mengandung kesalahan tersebut. Hal ini mungkin kedengarannya sangat sepele pada dewasa ini, tapi pada masa sebelumnya Anda harus keluar dari editor, kembali ke DOS; menjalankan kompiler dari command-line, menuliskan nomor baris yang salah, membuka editor dan melompat ke baris tersebut.

Terlebih lagi Borland menjual Turbo Pascal seharga 49 dollar, dimana kompiler Pascal dari Microsoft dijual dengan harga ratusan dollar. Keberhasilan Turbo Pascal selama sekian tahun juga dikarenakan Microsoft membatalkan produk kompiler Pascal mereka.

Delphi's Pascal

Setelah 9 versi dari kompiler Turbo dan Borland Pascal, yang secara perlahan mengembangkan bahasa ini, Borland meluncurkan Delphi pada tahun 1995, mengubah Pascal menjadi sebuah bahasa pemrograman visual.

Delphi mengembangkan bahasa Pascal dalam sekian banyak cara, termasuk pengembangan berorientasi objek yang berbeda dari produk Object Pascal lain, termasuk dari kompiler Borland Pascal with Objects.

No comments :