Pages

Saturday, June 28, 2008

Caplok Yahoo, Microsoft Dihadang Uni Eropa?


Yahoo (ist.)

Brussels - Komisi Eropa yang membidangi kompetisi bisnis di wilayah Uni Eropa, kemungkinan tak akan membiarkan niat Microsoft mengakuisisi Yahoo berjalan mulus. Bahkan disinyalir, Komisi Eropa akan menjegal niat Microsoft tersebut, berkaitan dengan masalah monopoli.

Memang jika menilik sejarah, rekam jejak Microsoft dengan Komisi Eropa kurang begitu lancar. Beberapa waktu lampau, Microsoft pernah didenda Komisi Eropa sampai ratusan juta dolar karena menyalahgunakan dominasinya di pasaran software. Salah satu alasan hukuman ini adalah karena Microsoft menyertakan aplikasi Windows Media Player di sistem operasinya. Para pesaing yang mengkreasi aplikasi yang mirip dengan Media Player pun otomatis tergencet karenanya.

Jika misalnya Microsoft berhasil mengakuisisi Yahoo, Microsoft mungkin juga akan menyertakan beberapa layanan Yahoo dalam sistem operasi Windows. Hal inilah yang bisa jadi sasaran tembak Komisi Eropa untuk menghadang langkah akuisisi Microsoft, lagi-lagi juga terkait dengan monopoli di bisnis software.

"Banyak hal yang harus diamati seksama. Kasus ini sangatlah kompleks karena melibatkan nama besar Microsoft," papar Catriona Hatton dari Biro Hukum Higan & Hartson yang berpusat di Brussels.

Di lain pihak, menurut analisis Dr. Hans Friederiszick yang mantan staf Komisi Eropa, pengawasan Komisi Eropa akan difokuskan pada apakah akuisisi Microsoft terhadap Yahoo ini akan meningkatkan harga iklan online secara drastis. Demikian seperti dikutip detikINET dari Telegraph, Selasa (5/2/2008). ( fyk / dwn )

No comments :