Pages

Thursday, September 20, 2007

Humanoid Terkecil di Dunia


Perkembangan dunia robot memang semakin maju. Salah satu jenis yang paling intens dikembangkan adalah robot humanoid. Mereka mulai "berbaur" dengan lingkungan manusia. Ada yang menjadi resepsionis, perawat, atau asisten pribadi. Tapi, beberapa di antara mereka masih berukuran besar. Kalau yang berukuran kecil? Mungkin baru GeStream yang bisa membuat.

Tidak hanya kecil, robot itu diklaim pembuatnya sebagai yang terkecil di dunia. Sebelum ini, pemegang rekor robot terkecil adalah i-SOBOT. Robot buatan Tomy Takara tersebut mempunyai tinggi 16,5 cm. Ia pun mendapatkan penghargaan dari Guinness World Record sebagai robot terkecil di dunia.

Sementara itu, Robot buatan GeStream mempunyai tinggi 15 cm dengan berat 250 gram. Robot mungil tersebut juga mempunyai beragam kemampuan. Ia mampu melakukan 65.536 gerakan layaknya manusia. Gerakan lain yang bisa dilakukan adalah push-up, main sepak bola, menghormat ala Jepang, dan menari.

"Ini akan menjadi robot paling kecil, ringan, dan ekonomis di dunia," ujar Chang Ho Yu, general manager GeStream Technology Inc.

Ketika sang robot jatuh tertelungkup, ia bisa bangkit sendiri. Setelah itu, langsung berjalan dengan "kaki". Kemampuan robot tersebut rencananya masih ditambah beberapa fitur. Misalnya, voice control serta variasi bentuk dan warna. Bahan pembuatnya mayoritas terdiri atas metal.

Belum ada kepastian kapan robot itu beredar di pasaran. Kabarnya, ia akan dijual dalam bentuk komponen yang harus dirakit sendiri oleh konsumen. Harganya diperkirakan USD 185 atau sekitar Rp 1,73 juta dan USD 200 atau sekitar Rp 1,88 juta.

Produk itu pertama dikenalkan pada acara Global SMEs. Sebuah ajang ekshibisi elektronik di Malaysia. Selain memproduksi alat elektronik, GeStream merupakan perusahaan spesialis robot. Produk buatannya, antara lain, meliputi Electronic Pet, Entertainment Robot, Industrial Robot, dan Thermal Module serta Thermal Cooler untuk PC dan VGA Notebook.

Setelah ini, cerita dongeng manusia yang berinteraksi dengan liliput mungkin bakal terwujud. Tentu menarik kalau suatu saat di dunia nyata, kita benar-benar bisa melakukan aktivitas sehari-hari ditemani makhluk mungil tersebut. (rum/bs)

No comments :