Pages

Thursday, September 20, 2007

Samsung Perkenalkan Teknologi Mobile 4G Pertama di Dunia

SEOUL--MIOL: Raksasa teknologi Korea Selatan Samsung Electronics, Kamis, memperkenalkan teknologi mobile generasi keempat (4G) pertama di dunia.
Samsung mengatakan teknologi baru itu, yang menggunakan platform komunikasi nirkabel yang ada saat ini dengan beberaa penyempurnaan, akan memudahkan penggunanya untuk men-download 100 file musik MP3 kurang dari tiga detik, bahkan dalam kondisi bergerak.
Samsung melakukan demonstrasi teknologi anyarnya itu di atas sebuah bus yang sedang berjalan dengan kecepatan 60 kilometer per jam dalam sebuah forum di Jeju.
Siaran langsung dari forum tersebut, VOD, dan akses internet dipertontonkan secara simultan kepada para penumpang bus. Samsung ingin menunjukkan kepada khalayak mengenai stabilitas dan kecepatan konektivitas 4G yang memiliki kecepatan data 100Mbps, kata Samsung dalam pernyataannya, Kamis.
Dibandingkan dengan broadband nirkabel yang bernama WiBro, teknologi 4G ini menjamin transmisi data dan content multimedia lainnya lebih cepat dan lebih jernih.
Wibro, peranti komunikasi generasi ketiga, menawarkan kecepatan internet 2-3 megabit per detik yang digunakan pengguna saat melaju dalam kecepatan hingga 120 kilometer per jam. Korea Selatan mulai mengadopsi layanan WiBro secara komersial pada Juni lalu.
Dengan memanfaatkan teknologi 4G, masyarakat dapat menyaksikan siaran televisi multi-channel berdefinisi tinggi dan juga bisa digunakan untuk mengendalikan peralatan rumah tangga melalui peranti bergerak.
Samsung berencana menerapkan teknologi 4G ini untuk penggunaan komersial pada 2010 setelah spektrum untuk teknologi 4G diputuskan tahun depan.

No comments :