Pages

Thursday, September 20, 2007

PMP Touchscreen Ramah Kantong


Bentuk Mini dengan Fitur Beragam
Tren gadget tampaknya semakin menuju ke jenis touch screen. Peranti seperti PMP (Portable Media Player) bakal semakin minim tombol. Samsung, produsen elektronik terkemuka dari Korea sudah meresponnya. Bulan ini, mereka telah merilis PMP touchscreen dengan nama seri Yepp YP-P2.

Produk ini hanya mempunyai dimensi 10cm X 5,2cm X 0,99 cm dan berat 79 gram. Pas untuk digenggam dan ramah kantong. Tampilan layarnya hampir mengambil seluruh space di bagian muka. Hanya terdapat tombol power dan volume control di sisi samping.

Jika sekilas tampak semacam tombol di depan, ternyata hanya lampu indikator pengisian baterai. Layar touch screen-nya sangat responsif terhadap sentuhan. Selain itu, backlight OLED beresolusi 240 X 428 pixel cukup membuat gambar dan video tampil jelas. Satu kelebihan yang jarang dimiliki PMP lain adalah tampilan gambar yang bisa menjadi landscape.

Untuk semakin memanjakan kuping, P2 dilengkapi teknologi DNSe sound engine. Gadget ini support format file audio MP3, WMV, dan WMA. Juga terdapat fitur radio FM bagi yang suka mendengarkan informasi terkini lewat radio.

Dengan label portable media player, tak lengkap rasanya kalau P2 hanya bisa memutar musik. Ia pun mempunyai kapabilitas video playback dengan kualitas gambar dan video yang bagus. Support format videonya mencakup H.264 (MPEG4 AVC) dan MPEG-4 (ASF).

Ingin menikmati musik sambil membaca tanpa harus ribet membawa koleksi buku favorit? Gunakan saja P2. Dengan kapasitas memori 2GB, 4GB dan 8GB, ia juga mampu menyimpan koleksi e-book anda. Sekaligus difungsikan sebagai e-book reader dengan kualitas gambar yang menawan.

Selain kapabilitas standar media player, produk ini juga mempunyai koneksi Bluetooth. Satu fasilitas yang tidak dimiliki iPod sekalipun. Integrasi stereo Bluetooth memudahkan konektivitas YP-P2 dengan earphone maupun device lain.

Fitur bluetooth ini juga mempermudah pengguna mentransfer lagu. Tidak perlu mencari komputer atau kabel data sebagai perantara transfer. Easy to use, easy to share. Sebuah pergerakan yang sangat bagus oleh Samsung di tengah persaingan media player yang semakin beragam.

Samsung juga menyediakan tiga pilihan warna. Yaitu merah anggur, hitam, dan putih. Tidak sabar ingin menjajal alternatif iPod dan Zune milik microsoft? Anda masih harus bersabar, karena belum ada tanggal pasti kapan P2 masuk Indonesia. Sayang lagi, pihak Samsung masih belum mau membeberkan harga resmi untuk media player pintar ini. (rum/bs)


Spesifikasi Samsung P2
Dimensi fisik : 10 cm X 5,2 cm X 0,99 cm
Berat : 79 gram
Layar : Touch screen 3 inch WQVGA (240 X 428 pixel)
Kapasitas Memori : 2 GB, 4 GB, 8GB
Format Gambar : JPEG
Format Audio : MP3, WMV, WMA
Format Video : H.264 (MPEG4 AVC), MPEG-4 (ASF)
Konektivitas : Bluetooth
Daya Tahan Baterai : 35 jam Playback
Fitur Lain : integrated speaker dan mikrofon, Radio FM
Warna : Hitam, putih, wine red

No comments :